Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Kerusakan Hardisk dan Cara Memperbaiki Hardisk Lengkap

Penyebab Kerusakan Hardisk dan Cara Memperbaiki Hardisk Lengkap - Hardisk Merupakan Komponen yang sangat penting sekali dalam tubuh sebuah komputer maupun laptop, Kerusakan yang terjadi pada Hardisk sedikit saja maka akan berakibat fatal. Seperti contoh kasus pada saat memakai harddisk kita tidak melakukan procedure parkir sebelum mematikan PC, sehingga posisi head berada di posisi sembarang. Jika head berhenti dan menyentuh permukaan disk tempat data atau system disimpan, bisa dipastikan lapisan magnet penyimpan data tersebut akan rusak.

Penyebab Kerusakan Hardisk dan Cara Memperbaiki Hardisk Lengkap
Penyebab Kerusakan Hardisk dan Cara Memperbaiki Hardisk Lengkap
Selanjutnya kita bahas Penyebab Kerusakan hardisk yang paling sering dialami oleh para komputerer. :D diantaranya:

1. Hardisk Over Heat (Demam Tinggi)
Hardisk yang terlalu panas akan sulit membaca data, penyebabnya bisa karena terlalu lama menggunakan komputer/laptop, sirkulasi udara dalam CPU tidak lancar dan power supply tidak bekerja dengan baik.

2. Guncangan Keras Pada Hardisk Komputer / Laptop
Komputer / Laptop yang terguncang keras bisa mengakibatkan kerusakan fisik pada hardisk. Pada saat komputer sedang digunakan, head harddisk mengambang diatas permukaan piringan (platter). Bila terjadi guncangan yang cukup keras, maka head harddisk akan goyang dan bisa menyentuh bagian lain daripada harddisk, padahal disk tersebut sedang berputar dengan sangat cepat. Oleh sebab itu besar kemungkinan akan terjadi kerusakan pada hardisk.

3. ShoutDown Tidak Dilakukan Dengan Benar
Lakukanlah prosedur shotdown dengan benar seperti "Menutup semua aplikasi program >> kemudian klik start >> shoutdown >> cabut colokan listrik. bila anda langsung tiba-tiba mencabut colokan listrik padahal komputer sedang bekerja dan hardisk sedang berputar cepat makan head disk akan berada disenbarang tempat dan pasti umur hardisk akan berkurang dan PCB hardisk akan rusak.

4. Power Supply Yang Buruk
Tegangan dari power suply yang tidak mencukupi untuk menyuplai pada harddisk, maka akan dapat berakibat kerusakan pada motor dan controller.

Demikian semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Penyebab Kerusakan Hardisk dan Cara Memperbaiki Hardisk Lengkap"